Rabu, 23 Januari 2019

(Review) Kenali Kehebatan Si Kecil Menggunakan Kalkulator Akal Fisik Sosial

Tahukah Mom, setiap anak punya potensi yang tak sama, begitu juga dengan kemampuannya baik dari segi akal, fisik, maupun sosial. Orang tua memang tidak bisa memaksakan anak untuk jadi hebat seperti yang mereka inginkan, namun kehebatan anak bisa kita gali sedari kecil. Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk terlibat dalam membentuk kehebatan anak.

Seperti yang kita ketahui bahwa 1001 hari pertama sejak anak lahir adalah periode emas anak, yang mana pada masa ini otak anak tumbuh dengan pesat. Masa inilah yang harus orang tua perhatikan dan manfaatkan sebaik mungkin dalam membentuk kehebatan anak karena hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya. Sekali kita melewatkannya maka jangan pernah menyesal di kemudian hari  dan berharap bisa kembali mengulang periode keemasan si Kecil. 

Kemarin, aku mengunjungi website Parenting Club. Aku mencoba menggunakan sebuah tool untuk mengetahui tingkat kehebatan anakku. Tool ini bernama "Kalkulator (A)kal (F)isik (S)osial  atau sebut aja Kalkulator AFS". Dengan menggunakan Kalkulator AFS, aku jadi bisa mengetahui nilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial anakku yang kini berusia 2 tahun. 

Kalkulator Akal Fisik Sosial dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial. Kalkulator AFS ini diperuntukkan untuk anak usia 6 bulan sampai 7 tahun. Pada Kalkulator Akal Fisik Sosial, sinergi kepintaran si Kecil meliputi Akal, Fisik, dan Sosial.
1. Kepintaran Akal
Merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan kognitif si Kecil yang meliputi Word Smart (kemampuan dalam mengucap kata/ berkata), Music Smart (kemampuan dalam merespon maupun menirukan suara musik atau nyanyian), Number Smart (kemampuan dalam berhitung dan mengenal angka) , dan Picture Smart (kemampuan dalam menggambar dan mengenal gambar).
2. Kepintaran Fisik
Merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan fisik si Kecil meliputi Body Smart, misalnya menari, makan sendiri, memukul gendang, bermain bola dll., dan Nature Smart seperti tersenyum, ekspresi kaget, dsb.
3. Kepintaran Sosial
Merupakan kepintaran yang berkaitan dengan kemampuan sosial si kecil meliputi Self Smart dan People Smart.

Cara untuk menggunakan Kalkulator AFS cukup mudah. Terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Pertanyaannya seputar kegiataan yang biasa dilakukan si Kecil. Kita tinggal menjawab pertanyaan yang muncul sesuai dengan jenjang usia si Kecil. Agar hasilnya bermanfaat, karena hasil dari Kalkulator AFS memang untuk menilai tingkat sinergi Akal, Fisik dan Sosial si Kecil, maka kita harus menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan kenyataan yang dilakukan si Kecil sehari-hari. Nantinya, hasilnya juga disertai dengan rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil.

Inilah hasil perhitungan dari Kalkulator Akal Fisik Sosial  pada anakku yang berusia 2 tahun 1 bulan. Hasil menunjukkan bahwa anakku memiliki Sinergisme Akal Fisik Sosial yang baik. 

Dari hasil tersebut, perjuanganku untuk menjadikannya hebat yang beda masih terus berlanjut yaitu dengan tetap memberikan stimulasi kehebatan Akal Fisik Sosial untuk anak usia 2-3 tahun secara rutin, bertahap dan tidak memaksa. 


Inilah beberapa rekomendasi stimulasi terbaik  yang disarankan untuk anakku yang berusia 2 tahun 1 bulan agar ia tumbuh menjadi anak yang hebatnya beda. Satu per satu rekomendasi hasil Kalkulator AFS aku coba praktekkan pada anakku. Karena ia akan terus belajar dengan hal-hal yang baru.


Buat Mom atau Pap yang memiliki anak berusia 6 bulan hingga 7 tahun, wajib mencoba Kalkulator Akal Fisik Sosial. Insyaallah bermanfaat, sangat membantu orang tua yang mungkin kehabisan ide harus mengajari anak seperti apa dan bagaimana. Disini Mom dan Pap akan dapat solusi terbaik untuk menstimulasi tumbuh kembang anak.
Untuk mencoba Kalkulator AFS melalui link berikut http://bit.ly/Kalkulator-AFS

#ParentingClubID
#KalkulatorAFSReview

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome Wajah Glowing Impianku!

Halo Beauties. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia selalu, ya. Begitu pula dengan keadaan kulit kita, semoga sehat dan glowing, d...