Kamis, 25 April 2019

#AyoHijrah dengan Mempercayakan Urusan Keuangan kepada Bank Muamalat Indonesia untuk Mendapat Keberkahan Hidup

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,

Menjadi pribadi yang lebih baik sepanjang waktu adalah bagian dari resolusiku sepanjang tahun. Berbagai perubahan ke arah yang lebih baik akan aku lakukan secara terus-menerus, tahap demi tahap, agar mendapatkan keberkahan dalam hidup ini, meski kenyataan hasilnya tidak sesempurna seperti yang aku harapkan, namun aku akan merasa bangga karena berpijak dalam hal yang baik.

Aku menyadari bahwa standar akan arti "pribadi yang lebih baik" antara orang satu dengan orang lainnya pastilah berbeda, begitu juga denganku, sehingga cara yang ditempuh masing-masing pun juga ikut berbeda. Namun tidak menutup kemungkinan, aku dan kalian memiliki kesamaan dalam beberapa hal, misalnya dalam urusan sosial, keluarga, atau juga dalam urusan pengelolaan keuangan pribadi. Mudah-mudahan, setiap langkah yang kita ambil semata-mata hanya untuk mendapatkan barokah dan ridha Allah SWT, insyaAllah.

Arti keberhasilanku sebagai seorang muslim dalam menjadi pribadi yang lebih baik yaitu ketika apa yang aku kerjakan adalah dalam batas ajaran Islam. Seperti ibadah, menutup aurat, mencari rejeki yang halal, mampu menjaga lisan dan perbuatan, melakukan transaksi keuangan dengan cara yang baik sesuai tuntutan agama Islam, semata-mata hanya untuk mengharapkan berkah dan  ridho Allah SWT. Aku berusaha dan akan terus belajar agar menjadi pribadi yang semakin baik. Dalam setiap urusan, perubahan adalah ketetapan yang tidak dapat dipungkiri. Sehingga, kutanamkan niat yang kuat untuk #AyoHijrah ke arah yang lebih baik. 

Buku Rekening TabunganKu
Beberapa tahun yang lalu ketika masih duduk di bangku kuliah, kumantapkan membuka rekening pribadi di Bank Muamalat Indonesia bernama TabunganKu. TabunganKu adalah produk tabungan di Bank Muamalat Indonesia untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan, karena bebas biaya administrasi, mendidik, terjangkau dan menguntungkan. Aku menyadari akan pentingnya menabung sejak dini, sedikit demi sedikit kusisihkan sebagian gajiku untuk ditabung sehingga saldoku semakin bertambah setiap bulannya. Alhamdulillah, berkat Muamalat TabunganKu, aku bisa membayar biaya wisuda tanpa merepotkan orang tua pada akhir tahun 2015. Sekarang, aku telah berumah tangga, pengeluaran semakin bertambah, namun alhamdulillah kini terdapat berbagai jenis produk Bank Muamalat yang berbasis syariah, mendukung gerakan #AyoHijrah bagi para muslim, membantu transaksi keuanganku agar berkah secara menyeluruh. 

#AyoHijrah apa sih?
Jadi, #AyoHijrah merupakan gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal, mengajak kita sebagai muslim untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah, terutama dalam hal mengelola keuangan. Melalui gerakan #AyoHijrah ini Bank Muamalat Indonesia mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah dan tenang. Adapun beberapa kegiatan yang selama ini dilakukan Bank Muamalat Indonesia sebagai bagian dari #AyoHijrah diantaranya :
- Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah
- Open booth di pusat kegiatan masyarat
- Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
- Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah
- Dll.

Bank Muamalat Indonesia sendiri merupakan bank pertama murni syariah di Indonesia yang tidak menginduk dari bank lain, pengelolaan dana didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Bank Muamalat memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri. 

Selama lebih dari 27 tahun ini,  Bank Muamalat Indonesia terus menunjukkan eksistensinya sebagai bank Syariah demi mewujudkan cita-cita Bank Muamalat yakni menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim. Sehingga, produknya juga berubah nama sejalan dengan #AyoHijrah , memberikan layanan yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat. Beberapa nama diantaranya adalah :
- Tabungan iB Hijrah,
- Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah,
- Tabungan iB Hijrah Rencana,
- Tabungan iB Hijrah Prima,
- Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah,
- Deposito iB Hijrah,
- Giro iB Hijrah, dan
- Pembiayaan Rumah iB Hijrah Angsuran Super Ringan dan Fix & Fix (saat ini masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK)

Untuk terus meningkatkan eksistensinya sebagai bank syariah terbaik sesuai dengan visinya, Bank Muamalat Indonesia terus optimis menjalankan misinya yaitu membangun lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkesinambungan dengan  penekanan pada semangat mewirahsahaan berdasarkan prinsip kehati-hatian, keunggulan sumber daya manusia yang islami dan profesional serta orientasi investasi yang inovatif, untuk memaksimalkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan. Bank Muamalat dalam mengeluarkan produk perbankannya senantiasa berbasis Syariah. Dalam pelaksanaannya Bank Muamalat Indonesia diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, dijalankan oleh manajemen Muamalat yang kompeten seperti Dewan Pengawas Syariah, Dewan Komisaris, Direksi, Komite Audit, Komite Nominasi & Remunerasi, Komite Tata Kelola Perusahaan, Komite Tata Kelola Terintegrasi, Komite Pemantau Resiko, dan Struktur Organisasi yang lengkap.

Saya pun, dulu waktu pertama kali membuka rekening di Bank Muamalat Indonesia, tepatnya di cabang Semarang. Dari masuk ke parkiran, kemudian masuk ke area Customer Service, ke teller hingga transaksi selesai, dengan ramah petugas mengarahkan prosedurnya. Setiap pertanyaan yang kulontarkan untuk menjawab semua keingintahuanku dijawab dengan terbuka oleh petugas CS, yang aku tekankah adalah mengenai sistem bunga. Di Bank Muamalat Indonesia tidak menggunakan sistem bunga, melainkan menggunakan sistem Provit Saving (keuntungan simpanan) sesuai prinsip Syariah yang menekankan bunga sebagai bagian dari riba, sedangkan dalam syariat Islam riba diharamkan, yang mana Profit Saving ini nantinya boleh diambil, boleh tidak diambil, atau boleh dizakatkan. Dari sinilah, aku semakin mantap berhijrah dalam hal pengelolaan keuangan. Dengan mempercayakan pengelolaan keuanganku di Bank Muamalat Indonesia, menggunakan produk Gabungan Hijrah iB,  aku semakin optimis dapat menjadi pribadi yang lebih baik, hidup menjadi tenang, hijrahku mentaati perintah syariat Islam semata-mata hanya untuk mendapatkan berkah Ilahi. #AyoHijrah !

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


3 komentar:

  1. Alhamdulillah.. Semoga istiqomah dan bank muamalat ttp menjadi pilihan kita semua. Aamiin..

    BalasHapus
  2. Bank muamalat.. memang amanah, ramah dan terpercaya 😊

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, saya juga sudah hijrah dari bank konvensional ke bank Muamalat. #AyoHijrah

    BalasHapus

Welcome Wajah Glowing Impianku!

Halo Beauties. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia selalu, ya. Begitu pula dengan keadaan kulit kita, semoga sehat dan glowing, d...