Selasa, 13 Maret 2018

Yuk Cintai Budaya Asli Indonesia, Reog Ponorogo

REOG merupakan kesenian yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Keunikan pada reog adalah topeng yang menyerupai warok singa dalam ukuran besar dengan berat hampir 50-60 kg, terbuat dari bulu burung merak. Para pemain Reog pastinya sudah terlatih dan profesional karena membutuhkan tenaga yang super kuat untuk bisa mengangkat topeng yang cukup berat dan berukuran sangat besar ini. Reog biasanya diiringi dengan tarian jaran kepang dan kuda lumping serta iringan musik gamelan.
Reog budaya warisan leluhur yang konon ceritanya lahir pada masa kerajaan Bantarangin pada tahun 900 Saka. Pada perkembangannya Reog mulai berkembang dan terkenal di masyarakat mulai tahun 1989.
Reog sempat diklaim oleh bangsa Malaysia sebagai bagian dari budaya mereka, karena sebagian warga Jawa Timur yang menetap di Malaysia, pada waktu itu Reog memang belum dihakpatenkan di UNESCO oleh Indonesia. Untunglah Indonesia bisa berhasil merebut kembali Reog dan segera mendaftarkan hak ciptanya di UNESCO.
Pada perkembangannya Reog oleh masyarakat digunakan sebagai pertunjukan hiburan pada acara-acara resmi seperti pernikahan, sunatan, dan acara acara resmi lainnya.
Yuk bersama kita tingkatkan kepedulian terhadap budaya Indonesia agar tetap lestari, jangan sampai budaya asli Indonesia sampai direbut kembali oleh negara lain.
#UntukIndonesia #AyoPeduliBudayaNusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome Wajah Glowing Impianku!

Halo Beauties. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia selalu, ya. Begitu pula dengan keadaan kulit kita, semoga sehat dan glowing, d...