Selasa, 12 Maret 2019

Kegiatan Sederhana untuk Mendukung Eksplorasi Si Kecil

Salam hangat bunda.
Cuaca sangat cerah, sungguh terik ini menciptakan dahaga yang luar biasa. Tanpa rasa khawatir, saya mengikuti si kecil yang sedang semangat terus berjalan mengelilingi taman sambil terus meminum susu dalam botolnya. Hingga sampailah di ujung taman. Indahnya pemandangan taman di atas bukit yang rindang akan tanaman hias.

Bukan lelah yang sikecil rasakan melainkan kebahagiaan. Terlihat jelas lewat tawa dan geraknya. Tanpa menghiraukan terik yang sedang panas-panasnya, ia terus menunjukkan eksplorasinya. Awalnya apa yang sikecil lakukan membuat khawatir saya sebagai orang tua, namun saya mencoba untuk memberinya kebebasan, dengan tetap mengawasi aktivitasnya dan menjaganya agar tetap aman.

 Saya menyadari, kebebasan sikecil dalam bereksplorasi terhadap lingkungan barunya akan menentukan masa depan anak saya pada khusunya, dan masa depan #33JutaAnakIndonesia pada umumnya. 

Saya pernah membaca bebarapa artikel tentang parenting akan pentingnya peran orang tua untuk mewujudkan anak generasi maju, dimana orang tua sangat berperan penting dalam kegiatan dalam mendukung eksplorasi si kecil. Untuk mendukung eksplorasi si kecil ada berbagai hal yang dapat orang tua lakukan.
- Pertama, memberikan kebebasan pada sikecil, biarkan sikecil melakukan apa saja yang ia inginkan selagi aman untuknya. Ajaklah sikecil mengunjungi tempat dimana ia bisa leluasa berlari, aman dan jauh dari kendaraan yang hilir mudik. Misalnya mengajak sikecil ke area bermain, ke taman, ke lapangan, dan atau ke pantai.
- Kedua, mengawasi kegiatan sikecil saat sedang ber- #eksplorasi, hal ini karena apa yang dilakukan sikecil tidak selalu aman. Orang tua hendaklah mengarahkan, jika sikecil melakukan kesalahan atau hal yang membahayakan, orang tua harus menunjukkan mana yang seharusnya boleh dilakukan dan mana yang seharusnya tidak boleh dilakukan sikecildengan penjelasan wajar. Hal ini akan secara tidak langsung akan bermanfaat dalam mengajarkan kejujuran kepada sikecil. Mungkin sikecil tidak akan bisa menerima penjelasan begitu saja, namun percayalah si kecil terus belajar dari waktu ke waktu. Lambat laun seiring usianya bertambah, ia akan mengerti mana yang salah dan mana yang benar. Akan ada masanya. 
- Ketiga, berikan kasih sayang yang tulus untuk si kecil. Sikecil yang mendapatkan kasih sayang tulus terutama dari orang tuanya, ia akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, karena perhatian orang tua memberi kenyamanan pada sikecil. 
- Memberikan stimulasi  sesuai usia anak. #Stimulasi yaitu suatu kegiatan untuk merangsang kemampuan yang dimiliki si kecil, sehingga orang tua bisa dengan mudah mengetahui apa sejauh mana si kecil tumbuh dan berkembang, sudah sesuai ataukah belum dengan usia sikecil.
- Berikan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk sikecil, pastikan setiap harinya "Empat Sehat Lima Sempurna" untuknya.

#MombasaadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome Wajah Glowing Impianku!

Halo Beauties. Apa kabar? Semoga senantiasa sehat dan bahagia selalu, ya. Begitu pula dengan keadaan kulit kita, semoga sehat dan glowing, d...